Meriahkan HUT RI, Pamorah Gelar Jalan Sehat



Bangkalan – Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang besar manfaatnya dan sering dilupakan oleh masyarakat. Umumnya masyarakat malas untuk berjalan kaki meskipun dalam jarak yang dekat. Semua dimudahkan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat yang tanpa susah payah  sampai ke tujuan dengan lebih cepat. Untuk mensosialisakan pentingnya jalan kaki dan untuk memperingati HUT Republik Indonesia yang 72 desa Pamorah mengadakan jalan-jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga desa tersebut.

Karang Taruna Desa Pamorah bekerjasama dengan kelompok KKN 26 UTM menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan HUT RI ke 72 tahun ini. Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 4 Agustus ini dimeriahkan oleh berbagai jenis lomba khususnya untuk anak anak yaitu lomba joget balon, lomba makan kerupuk, lomba kelereng, dan lomba memasukkan paku dalam botol.

Selain panggung hiburan yang akan dilakukan pada puncak acara, adapun kegiatan lainnya yaitu jalan sehat yang telah diselenggarakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 dilapangan Pamorah. Jalan sehat ini diikuti oleh seluruh warga Desa Pamorah dan anak-anak. Karang Taruna Desa Pamorah membagikan kurang lebih 600 lembar kupon secara cuma-cuma kepada warga desa Pamorah untuk mendapatkan hadiah yang telah disediakan.  Hadiah-hadiah yang dibagikan kurang lebih sebanyak 30 pcs hadiah dengan jenis yang berbeda-beda dan tentunya bermanfaat untuk seluruh warga desa Pamorah.

Acara dilaksanakan pada hari minggu saat libur sekolah supaya anak-anak dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut. Semua warga nampak antusias saat acara jalan-jalan sehat tersebut akan dilaksanakan. Jalan-jalan sehat dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan rute start dari SD N Pamorah dan finish di lapangan desa Pamorah. Pagi-pagi buta sebelum pukul 06.00 WIB nampak anak-anak sudah bersiap di tempat. Semarak kemerdekaan nampak jelas pada acara ini dan antusiasme masyarakat dalam mengikuti jalan sehat yang kebanyakan adalah anak-anak.


Sekitar pukul 07.30 peserta jalan-jalan sehat sudah tiba di lapangan desa Pamorah. Melepas lelah sembari menunggu acara selanjutnya dilakukan yaitu pengundian kopun jalan-jalan sehat. Ketika acara pengundian di mulai masyarakat berkumpul di tengah lapangan untuk menanti kupon dengan nomer siapa yang akan dipanggil. Semua bersuka-cita ketika nomernya dipanggil dan mendapatkan hadiah yang telah dipersiapkan oleh panitia. Setelah semua rentetan acara jalan-jalan sehat selesai kemudian dilanjutkan dengan lomba-lomba agustusan.

Respon masyarakat tentang adanya kegiatan ini yakni sangat positif karena kegiatan ini dapat membangun semangat nasionalisme kepada warga dan anak-anak, serta membangun solidaritas dan kepedulian antar sesama.

Menurut pemuda Desa Pamorah, kegiatan peringatan HUT RI ini akan diselenggarakan setiap tahunnya agar warga desa Pamorah tetap mengingat dan menanamkan semangat juang 45 serta kemerdekaan Indonesia.

0 Comment for "Meriahkan HUT RI, Pamorah Gelar Jalan Sehat"

Back To Top