Kelompok KKN 26 Memperkenalkan Potensi Desa Pamorah, Teh Rambut Jagung!


Warga desa pamorah mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, dikarenakan terdapatnya hasil pertanian yang melimpah di desa ini. Salah satu hasil pertanian yang melimpah di desa ini adalah tanaman jagung. Selama ini bagian tanaman jagung yang dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga hanyalah buahnya saja yaitu diolah menjadi lauk dan juga untuk bahan campuran sayur, sedangkan untuk kulit dan rambut jagungnya dimanfaatkan untuk pakan ternak. Sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi limbah dan meningkatkan nilai dari rambut jagung maka rambut jagung diolah menjadi teh. Rambut jagung yang digunakan untuk produk teh hampir bisa diambill dari semua jenis jagung. Namun, untuk produk teh yang lebih bermanfaat berasal dari rambut jagung manis (zea mays L. sacharata) karena kandungan zat antioksidan seperti flvonoid lebih tinggi  bila dibandingkan dengan jenis jagung lain.
Rambut jagung mengandung zat antioksidan seperti saponin, zat samak, flavonoid, beta-karoten, minyak atsiri, minyak lemak, alantoin, dan zat pahit. Zat antioksidan merupakan suatu zat yang dapat menghambat reaksi oksidasi. Didalam tubuh antioksidan dapat melindungi sel dari bahaya radikal bebas  oksigen reaktif. Radikal bebas ini bisa berasal dari proses metabolisme tubuh. Rambut jagung juga mengandung maysin, beta-sitosterol, geraniol, hordenin, limonen, mentol, dan viteksin, yang diantaranya berfungsi sebagai zat penurun tekanan darah.
Banyak orang tidak mengetahui khasiat dari teh rambut jagung yang jika di konsumsi dapat memberikan banyak manfaat yaitu dapat mengatasi penyakit jantung, melancarkan sirkulasi darah, peluruh batu ginjal, peluruh air seni, pereda panas dalam, menghancurkan batu empedu, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi encok, dan lain-lain.

Zea mays Tea adalah teh herbal yang digagas oleh kelompok mahasiswa KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura kelompok 26 semester genap di Desa Pamorah, Tragah, Bangkalan. Zeamays Tea mengandung 100% rambut jagung alami yang dikeringkan dan dikemas secara menarik agar lebih mudah untuk diseduh dan dikonsumsi.
Teh ini telah disampaikan dan didemokan oleh kelompok KKN 26 kepada warga desa Pamorah khususnya ibu-ibu yang secara langsung dapat melihat proses pengolahan teh rambut jagung sekaligus mempraktekkan bagaimana cara mengolahnya. 
Tujuan lain diciptakannya Zeamays Tea ini adalah untuk membuka peluang berwirausaha bagi warga Desa Pamorah agar dapat meningkatkan perekonomian desa setempat.


Labels: PERTANIAN

Thanks for reading Kelompok KKN 26 Memperkenalkan Potensi Desa Pamorah, Teh Rambut Jagung!. Please share...!

0 Comment for "Kelompok KKN 26 Memperkenalkan Potensi Desa Pamorah, Teh Rambut Jagung!"

Back To Top