KARYA SENI KITA




Kerajinan tangan merupakan sebuah karya tangan dengan memanfaatkan limbah atau barang bekas ataupun barang-barang sekitar sehingga menciptakan nilai jual di pasaran. Di pedesaan menghasilkan limbah pertanian seperti limbah kulit jagung dan lain sebagainya.

Desa Pamorah merupakan desa yang terletak di Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Pada tahun 2014, tercatat sebanyak 80.04 ton jagung yang dihasilkan (data Menteri Pertanian Kecamatan). Di sini, limbah kulit jagung diperjualbelikan untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Pada kenyataannya limbah kulit jagung yang digunakan tidak sebanding dengan yang dihasilkan. Karena itu, kami membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah kulit jagung sehingga menciptakan nilai jual lebih.

Kerajinan tangan dari limbah kulit jagung kami gunakan untuk membuat kerajinan bunga hias yang sederhana namun memiliki nilai seni tinggi. Bunga dari kulit jagung patut bersaing dengan bunga plastik, karena bentuknya yang beragam dan hampir menyerupai bunga asli serta bisa dibentuk sesuai selera juga memiliki daya tahan terhadap jamur, jika diproses dengan benar.

Cara pembuatan kerajinan kulit jagung
Alat : Ember, panci, gunting, kertas, kawat/lidi, seterika, kompor
Bahan : Kulit jagung, pewarna tekstil, garam, pemutih pakaian, lem tembak, pita
Cara pembuatan :
1)   Pilah dan pilih kulit jagung yang bagus yaitu memiliki bentuk lebar.
2)   Kulit jagung yang telah dipilih selanjutnya direndam selama sehari dalam bak air yang telah dicampurkan pemutih pakaian. Hal ini bertujuan agar kulit jagung tahan lama dan untuk menghindari jamur. Selain itu supaya proses pewarnaan lebih mudah.
3)   Setelah itu ditiriskan dan dijemur di bawah terik matahari
4)   Setelah kering, kulit jagung didihkan diatas kompor yang berisi air yang telah dicampur pewarna tekstil, dan garam. Proses ini dilakukan selama satu jam sambil diaduk-aduk agar pewarnaan merata.
5)   Setelah selesai, kulit jagung ditiriskan dan dijemur kembali hingga benar-benar kering
6)   Langkah selanjutnya kulit jagung diseterika dengan suhu sedang
7)   Gunting kulit jagung menjadi beberapa pola yang diinginkan
8)   Kemudian rangkai kulit jagung menjadi bentuk bunga
9)   Terakhir, bunga diberi tangkai dari kawat yang telah dibalut pita
Kerajinan sangat sederhana namun memiliki nilai jual tinggi. Oleh karenanya kerajinan tangan dari kulit jagung ini diharapkan dikembangkan lebih baik lagi dan dapat dipasarkan dalam pasar lokal maupun internasional. 
Labels: KERAJINAN

Thanks for reading KARYA SENI KITA. Please share...!

0 Comment for "KARYA SENI KITA"

Back To Top